Love, Life, And Work Journal

Presentasi SBI ORI

Posted on: Maret 30, 2009

Whaaaa setelah sekian lama ga update blog, akhirnya skrng punya kesempatan jg.
Hmm kmrn emng bnr2 sibuk bngt, hbs balik dr bali lngsg back to real life, dgn pekerjaan yg menumpuk ituh, fiuhh…

Dan yang paling bikin tegang adalah, semua tester (QA) dan BA diberikan kesempatan untuk presentasi. Yahh emang si presentasinya bukan lngsng dihadapan klien, tp dihadapan QA&BA itu sendiri, dan bos tentunya (ini yg bikin tegang :D). Aku sendiri kebagian presentasi ttg ORI dan SBI. Kenapa aku kebagian itu?? dunno. Mungkin karena aku pernah terlibat dalam project itu kali yahh..

Hmm well, selama menanti giliran pembantaian masall (widiiiww..ngeri bahasany, kekekek, yaa emang bener si, dibantai habis2an :D), aku berusaha mengumpulkan bahan2. Browsing, tnya sono sini, pokoke ampe aku puas. Siapapun itu yg tau mslh ini, aku tnyain, Termasuk pak Putu, Sales manager, yg aku jrng bngt ngomong ama dia, hihihi pede aja lah😀.

Nahh sekarang aku mo sedikit membahas ORI dan SBI. Satu2 ya kita bahas, hehehehhe.
Apa itu ORI ?
ORI adalah surat hutang yang diterbitkan oleh pemerintah, dengan jangka waktu dan suku bunga tertentu dan diperjualbelikan secara ritel.
Ritel yg dimaksud adalah, si Ori itu dipecah dlm nominal kecil2 dan diperjual belikan dicabang2 shg bisa dijangkau masyarakat luas.

Siapa yg menerbitkan ORI?
Ori diterbitkan oleh pemerintah, dalam hal ini adalah departemen keuangan.

Kenapa ORI diterbitkan?? Biasanya untuk membiayai APBN yg defisit. Selaen itu jg utk diversifikasi investasi bagi masyarakat luas.

Bagaimana ORI itu diterbitkan??
Ketika si depkeu akan menerbitkan ORI, mereka publish k masyarakat luas bahwa akan diterbitkan ORI dgn jangka waktu sekian tahun dan bunga sekian. Penawaran ini disebut Pasar Perdana. Pasar perdana adalah pasar dimana si emiten (penerbit obligasi)  menawarkan k masyarakat utk pertama kali. Nahh bagi masyarakat yg tertarik, mereka diminta untuk memesan terlebih dahulu k selling agen yg ditunjuk pemerintah, ini yg disebut masa Book Building. Setelah masa Book Building berakhir, daftar pesanan ORI tsb akan diberikan kpd depkeu untuk penjatahan. Masa penjatahan ini disebut masa Allotment. Di masa penjatahan ini, tdk semua pesanan akan dapat jatahnya. Jadi ada kemungkinan, beberapa orang tdk bisa memperoleh ORI di pasar perdana ini.
Setelah masa penjatahan berakhir, depkeu akan memberikan daftar penjatahan kpd selling agent untuk diteruskan kpd si pemesan ORI. Setelah itu si selling agent akan melakukan proses settlement, yaitu penyelesaian transaksi, dimana uang dr si pemesan akan dipotong sejumlah jatah yg dia dapat. Barulah setelah itu, nasabah mendapat konfirmasi kepemilikan ORI.
Itu adalah proses di pasar perdana.

Untuk pasar sekunder, si investor tinggal dtng k manajer investasi ato k selling agent untuk membeli ORI. Lebih simple si.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: