Love, Life, And Work Journal

Siraman…

Posted on: Desember 24, 2008

Alhamdulillah…acara siraman sudah berjalan lancar, meski bnyk bngt godaanny. Ga tau knp, menjelang pernikahan ini, aku ama Ayak berantem terus, bahkan tadi pun, pas mau siraman, masih diem2an, fiuhhh, tp alhamdulillah, semua lancar.

Acara dimulai jam stngh 5 sore, tp aku mulai didandanin jam 3 sore. Pas ibu riasny dtng, aku msh blm mndi, hehehehešŸ˜€. Ya udh mulailah gedebag gedebug lg.
Siraman pertama untuk calon penganten putri dulu, baru penganten pria. Untuk siraman penganten putri, dilakukan oleh orng tua penganten putri, dan 6 orng sesepuh wanita dari pihak aku, yg diwakili bude2 aku.


Pertama sungkeman dulu ke orng tua dan keenam sesepuh td, br dilanjutkan dgn siraman, terakhir ngmbil air wudhu lalu kendi yg buat tmpt aer wudhu td dpecahin ama ortu aku. Setelah itu aku dipakein anduk trus dianter k kmr.
siraman1
siraman2
Untuk penganten pria jg sama aja, cmn bedanya, siraman dilakukan oleh orng tua pria, dan 6 orng sesepuh pria dr pihak dia. Tp karena sodara si Ayak ga ada 6 orng, jd diambil dr sodara aku. Prosesinya sama, setelah siraman, ambil air wudhu, lalu mecahin kendi tmpt wudhu, dipakein anduk lalu diantar kkamar.
ayak1
ayak2

Setelah siraman, dilanjutkan dgn acara “Dodol Dawet” alias jualan dawet yg dilakukan oleh orng tuaku. Untuk beli dawetny pake pecahan genteng (heheheh lucu yah :D)

jualdawet

Setelah itu acara dulang pungkasan, untuk penganten wanita dilakukan oleh orng tua wanita, dan untuk penganten pria, dilakukan oleh orng tua pria.

Setelah acara siraman, mlmny dilanjutkan dgn acara nebus kembar mayang (pengarip-arip). Kembar mayang adalah janur yg dihias sedemikian rupa lalu diletakkan di atas pot dr kuningan(tembaga). Kembar mayang itu nanti akan digunakan untuk menjemput penganten pria dari ruang rias untuk acara temu pas resepsi.
kekgini ni bentuknya
pc241521

2 Tanggapan to "Siraman…"

mama dewi mirip banget ama dewi ^^

hehehhe iya ya noy?

Tinggalkan Balasan

